Powered By Blogger

Sabtu, 11 Desember 2010

Pengalaman PKL di Malang

Sabtu, tanggal 27 November 2010 semua siswa-siswi kelas XI IPS dan XI Bahasa SMA N 2 Bojonegoro mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dengan tujuan Candi Singasari,Perkebunan Apel,Museum Brawijaya,Matos dan yang terakhir Pasar Lawang.Sebelum berangkat kami berkumpul dilapangan SMAdaBO untuk mendapat himbauan dan pengarahan dari wakil dari kepala sekolah yaitu ibu Ninik Woro dan bapak/ibu guru yang datang. Ada 2 bis yang digunakan, tapi saya dan teman-teman XI IS 1 ditambah dengan sebagian XI BHS .menempati bis 1. Kami berangkat pukul 05.00 pagi dari SMAdaBO menuju Malang, selama perjalanan kami bersuka ria karena memutar musik walupun musiknya koplo kami tetap menikmati dengan berjoget ria.Perjalanan kurang lebih 4 jam, kami berhenti di sebuah Pom bensin Lamongan untuk sarapan pagi,dan melanjutkan perjalanan kemudian berhenti lagi di pom bensin untuk ganti seragam batik kebanggaan SMAdaBO disana kami berganti pakaian seragam batik selesainya ganti seragam dilanjutkan perjalanan menuju tujuan pertama yaitu Candi Singasari.
Di candi Singosari kami dijelaskan sejarah berdirinya candi,dengan antusias dan serius kami mendengarkan apa yang disampaikan oleh penjaga candi singosari.Disana saya dapat tahu seperti apa candi Singasari sebenarnya.
Setelah berkunjung ke candi singosari, perjalan dari candi singosari ke kebun apel bumiaji memerlukan waktu kurang lebih 2 jam.
Jalan yang dilewati agak sempit,bus yang kami tumpangi tidak bisa masuk jadi kami menggunakan ja
sa angkutan umum untuk menuju kebun apel.Di kebun apel kami tahu tentang letak geografis dan manfaat bagi masyarakat dari kebun tersebut. Kami bisa mencicipi buah
tersebut, disana bisa makan buah apel sepuanya.
Kami menuju objek selanjutnya yaitu museum Brawijaya. perjalanan menuju museum kira-kira sekitar 1 jam setengah,cuaca pada hari itu sangat mendung dan hujan tapi tetap semangat kami untuk menuju objek berikutnya.
Tibanya di museum, kami dijelaskan mengenai sejarah museum brawijaya oleh petugasnya. disana terdapat berbagai macam senjata perang dan alat-alat zaman dahulu serta foto-foto pahlawan , kami berfoto untuk mengabadikan senjata perang .

Selama 1 jam disana dan selanjutnya kami belanja di sebuah mal di Malang "Matos".Disana kami mempunyai waktu setengah jam untuk berbelanja tetapi namanya juga anak-anak kalau belanja pasti lama banget. akhirnya kepulangan kami mundur selama 2 jam. setelah belanja di Matos kami makan di restoran Rumah Mungil untuk makan malam,selesainya makan malam.

Kami bergegas menuju pasar Lawang untuk membeli jajanan oleh-oleh untuk keluarga.Setelah belanja oleh-oleh sepuasnya,kami menuju bis dan pulan ke bumi Bojonegoro
dan pukul 01.10 WIB kami tiba di Bojonegoro dan pulang ke rumah masing-masing.